Pages

Pages

Miris-Kondisi mahasiswa saat ini..

Jumat, 18 Maret 2011
Pagi ini saya diundang salah satu badan eksekutif mahasiswa. saya diundang dalam rangka rapat kerja badan eksekutif tersebut. ketika pertama kali datang, luar biasa sekali semangat mahasiswa. ketika komitmen bangun pagi, mereka jalankan demi program "non-profit"  yang akan mereka jalankan satu tahun kedepan. saya bisa merasakan aura rapat kerja tersebut. cukup bangga dengan kawan-kawan mahasiswa, dengan rasa kekeluargaan yang tinggi mereka meneriakan yel-yel mereka. setidaknya, saya paham bahwa yang peduli terhadap bangsa ini sangatlah banyak. tidak hanya para pemerintah yang "duduk" dalam jabatan mereka masing-masing. para kaum muda,khususnya para mahasiswa pun berbondong-bondong ikut beruforia dalam "pesta" membangun dunia. saya sangat yakin, orang-orang yang hadir pada rapat kerja kali ini adalah orang-orang yang cerdas. orang-orang yang mampu memikirkan suatu hal yang positif yang bisa meningkatkan taraf bangsa ini. kemeja dan jas yang mereka gunakan pun adalah sebagai salah satu bentuk, atau bukti dari mereka bahwa merkea tidak pernah main-main dalam "rapat" kerja ini. mereka hendak memaksimalkan setahun kepengurusan mereka agar apa yang mereka kerjakan benar-benar bermanfaat bagi lingkungan mereka. sebuah pemikiran yang tidak sederhana, jika mereka benar-benar mengorbankan waktu mereka demi lingkungan yang lebih baik. saya sangat mengapresiasi semangat kawan-kawan mahasiswa.

waktu terus berlalu dalam menjalankan rapat kerja ini. dari berbagia kalangan "aktivis-aktivis" mahasiswa bergabung disana demi menciptakan Keprofesionalan mereka. satu demi satu orang mulai "unjuk gigi" demi suatu kehormatan. entah itu demi kehormatan pribadi atau demi kehormatan organisasi yang ia pegang. hanya masing-masing individu yang paham akan hal itu semua.
satu persatu saran demi saran pun masuk. secara teori tidak ada yang janggal dalam hal tersebut ketika ada orang yang beraksi maka ada pula yang bereaksi. kita berbicara bukan dalam hukum newton. ketika ada aksi maka minus reaksi. hal ini tidak akan menjadi masalah apabila aksi dan reaksi ini akan menimbulkan sebuah wacana baru yang dapat membantu mendorong kreativitas-kreativitas mahasiswa saat ini.
akan tetapi akan sangat memalukan apabila kawan-kawan mahasiswa yang notabenenya sebagai "agent of change" menyuarakan hak-hak mereka dengan sangat tidak bijak.
yang pada awalnya acara tersebut,mengharapkan sesuatu hal yang membangun, justru perbedaan-perbedaan yang ada malah dijadikan sebgai arena "perang" bagi masing-masing pihak. saya pun belum paham. entah ini demi kehormatan ataukah demi kebenaran?
semua orang menganggap dirinya benar.
seharusnya, dalam rapat kerja tersebut dijadikan ajang kita untuk mengintropeksi diri kita. kita bukanlah orang-orang yang tidak memiliki pikiran jernih dalam menghadapi masalah-masalah. kita adalah mahasiswa yang tau akan esensi atau manfaat yang ada.
saya pun belum paham dengan mahasiswa saat ini. termasuk diri saya sendiri apakah saya sudah sesuai dengan apa yang saya katakan.
ketika kita mengajari adik-adik kita, kita dengan lantang memberikan  materi tentang kritis yang berbobot, dengan lantang kita ajarkan adik-adik kita untuk selalu berpikir positif, dengan semangat kita menekankan sebuah kekompakan. sadarkah ? hal yang kita ucapakan seharusnya cerminan dari diri kita masing-masing. buang jauh rasa egois yang selalu kita elu-elukan kepada adik-adik kita.

kawan-kawan mahasiswa, kita tahu kita disini bersama-sama memiliki cita-cita yang tinggi demi kebangkitan bangsa yang "katanya" dinilai buruk oleh kita sendiri. buang jauh rasa merasa disalahkan atau rasa menyalahkan. kita disini mahasiswa, kawan. kita mahasiswa yang benci dengan adanya keegoisan.
kita disini sama-sama baru belajar. kita disini sama-sama mencari sesuatu hal yang baru. tidak ada yang benar maupun tidak ada yang salah. maka tidak heran ketika kita dengan sigap mengatakan bahwa "pemerintahan" kita sering mengeluh, masalah apapun. karena kita juga sebagai mahasiswa hanya bisa "mengeluhkan" bahwa kita benar dan yang lain salah.

ayo kawan, kita sama-sama bangun bangsa ini. makna "bersatu" bukan hanya dalam diri kita. tapi semua aspek yang bermanfaat kita satukan. memang benar, pemikiran tiap mahasiswa bakal berbeda. tapi saya yakin, pandangan kalian mengenai bangsa kita yang lebih baik adalah SAMA. jadi tidak usah saling menjatuhkan dan merasa dijatuhkan. semangat kawan-kawan mahasiswa !
kita buktikan bahwa kita adalah generasi yang hebat dan memiliki tujuan yang SAMA.

mohon maaf, jika ada kata-kata yang menyinggung dan kurang berkenan. dalam kata-kata saya ini. saya paham saya pun masih belum bisa sepenuhnya menjadi orang yang sesuai dengan apa yang  saya utarakan. setidaknya ketika saya menulis ini dan saya melakukan tindakan yang melenceng, kawan-kawan semua bisa mengingatkan diri saya untuk "kembali" pada jalan yang sesuai.

mari kita bersama-sama membangun bangsa!
salam persahabatan bagi kita semua,kawan-kawan mahasiswa..

salam.
L2F009120


0 komentar:

Posting Komentar

 
ABDURRAHMAN GHIFARI © 2011 - Designed by Blogger Templates Gallery